Tuesday, July 8, 2008

Konsep Jaringan Komputer

Mengenal Perangkat Jaringan...


Router

mungkin kita pernah mendengar apa itu router? router merupakan salah satu perangkat jaringan, Router dibuat untuk menagani perlunya pembagian jaringan secara logikal, bukan fisik. Router bisa kita konfigurasikan untuk pembagian ip router hingga menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu-lintas yang ditujukan untuk ip address tertentu bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lainnya. Router membuat keputusan yang dapat memindahkan block data di antara LAN. Router dapat menghubungkan LAN menggunakan media access control yang berbeda dan protokol pensinyalan seperti Ethernet dan Token-ring. LAN yang terhubung biasanya harus menggunakan Software.

Fungsi Router

disini gw akan ngejelasin apa fungsi router.... sebelumnya gw minta maaf klo ada informasi yang gw sampaikan mengenai artikel yang gw berikan... karena gw juga masih banyak belajar dan belajar... kesempurnaan hanya milik allah kekurangan datang dari gw.. makasih

nah router digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. jaringan ini bisa berupa jaringan LAN/WAN, fungsi utama router dalam jaringan yaitu melewatkan data antar segmen yang memiliki alamat network yang berbeda, router juga memiliki kemampuan untuk mengelola collision domain seperti halnya switch.


Pengunaan router dalam jaringan

selain fungsi yang tadi gw jelasin router juga berfungsi memisahkan broadcast domain dan akan menahan pengiriman data yang bersifat local. nah sekarang kan jelas kegunaan router sebelumnya gw juga mau jelasin apa itu broadcast domain adalah suatu kelompok jaringan komputer ketika terjadi pengiriman data yang dilakukan secara broadcast oleh sebuah komputer.

prinsip kerja router

router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch . namun router lebih karena router menyaring (filter) lalu lintas data. penyaringan dilakukan bukan berdasarkan dengan melihat alamat paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu.

router bekerja pada layer 3 (network layer) tau kan layer 3 yang sebelumnya gw jelasin di artikel sebelumnya yaitu referensi model OSI... kemampuan router menghubungkan segmen dengan alamat network yang berbeda yang memungkinkan router memiliki table routing yang berisi alamat tujuan.

nah sekarang gw mau jelasin table routing, table routing dilakukan dengan dua cara yaitu :
  1. Static route : berarti proses pengisian table routing dilakukan secara manual oleh admin
  2. dynamic route : berarti proses pengisian table routing dikelola oleh router protokol, beberapa jenis router protokol untuk mengelola table routing protokol diantaranya adalah RIP, IGRP, OSPF, dan BGP.









0 comments: